Sunday 26 October 2014

Bagian-bagian Pada kamera DSLR

Pada kamera DSLR terdapat banyak sekali kontrol dan bagian-bagian yang mempunyai fungsi tersendiri. Berikut adalah penjelasannya:
- Handgrip
handgrip DSLRBagian ini digunakan untuk memegang kamera, baik tangan kanan memegang sisi sebelah kanan untuk mengontrol shutter dan tangan sebelah kiri untuk menahan kamera  sekaligus mengatur lensa (cincin zoom, diafragma, focus)



- Dial Mode Button
dial mode buttonAdalah sekumpulan tombul yang terdapat pada bagian atas kamera untuk memilih berbagai macam mode pengambilan gambar.




- Eyepiece atau dudukan mata
eyepieceEyepiece berfungsi sebagai dudukan mata saat kita melihat objek melalui viewfinder




- View Finder atau jendela bidik
viewfinder DSLRJendela bidik untuk melihat objek





- Sensor Gambar
image sensor DSLRSensor kamera DSLR ada dua yakni CMOS dan CCD, gunanya yakni merubah objek menjadi file digital. Saat kita menekan shutter, maka viewfinder akan menjadi gelap dan setelah itu cahaya akan mengenai sensor, unutk kemudia disimpan pada memori kamera.



- Flash atau blits
flash DSLRFlash digunakan untuk membantu memberikan cahaya, bisa disaat kekurangan cahaya atau disaat membutuhkan cahaya dari arah tertentu, dan masih banyak fungsi lainnya diantaranya adalah efek Slow Sync Flash



-Hotsoe atau dudukan eksternal flash
shoe flashHotshoe adalah dudukan eksternal flash yang biasanya berada ditengah atas bodi kamera





- Lensa
used camera equipmentLensa pada kamera DSLR merupakan bagian yang sangat penting, bahkan sama pentingnya dengan bodi kamera itu sendiri. Lensa berfungsi memfokuskan cahaya hingga mampu ditangkap oleh sensor. Banyak sekali pilihan lensa yang dapat kita gunakan, misal wide untuk objek melebar, lensa makro untuk memperbesar, tele untuk zoom, tilt and shift, dan fish eye. Di setiap lensa biasanya terdapat cincin-cincin untuk mengatur fokus, diafragma ataupun zoom untuk lensa  variabel. Selain jenis lensa variabel terdapat juga lensa fix, yakni lensa yang tidak bisa dirubah-rubah.

- LensHood
Lenshood berfungsi sebagai penyaring kelebihan cahaya, selain itu juga berfungsi sebagai pelindung lensa dari benturan. Selain 2 fungsi diatas, penambahan lenshood pada kamera akan membuat tampilan lensa lebih macho.
- LCD atau layar monitor
Pada kamera DSLR tampilan LCD layaknya kamera digital lain. Kita bisa menampilka gambar dan menghapusnya apabila terjadi ketidak cocokan. Untuk merubah setting kamera juga ditampilkan melalui LCD.

No comments:

Post a Comment